rencana garis / lines plan

LINES PLAN

I. PENDAHULUAN

Gambar rencana garis (Lines Plan) adalah suatu gambar yang terdiri dari bentuk lengkung potongan badan kapal, baik potongan vertical memanjang (Sheer Plan), atau potongan secara horizontal memanjang (Half Breadth Plan), maupun potongan secara melintang badan kapal (Body Plan).

Potongan Badan Kapal :

v Sheer Plan

Gambar proyeksi dari bentuk badan kapal secara memanjang, jika kapal tersebut dipotong secara memanjang sesuai dengan pembagian Buttock Line yang telah ditentukan.

v Half Breadth Plan

Gambar proyeksi dari badan kapal secara memanjang, jika kapal tersebut dipotong secara horizontal sesuai dengan pembagian Water Line yang telah ditentukan.

v Body Plan

Gambar proyeksi dari bentuk badan kapal secara melintang, jika kapal tersebut dipotongsecara melintang sesuai dengan pembagian station yang telah ditentukan.


Definisi – definisi ukuran utama kapal (Principal Dimensions) :

· LOA (Length over all)

Adalah panjang keseluruhan kapal yaitu jarak horisontal yang diukur dari titik terluar depan/ujung haluan sampai pada titik terluar bagian belakang/ujung buritan.

· LPP (Lenght between perpendicular)

Adalah panjang antara dua garis tegak yaitu jarak horisontal memanjang yang diukur dari garis tegak buritan (Ap) sampai pada garis tegak haluan (Fp) pada garis muatan penuh.

· LWL (Load water line)

Adalah panjang kapal yang diukur antara titik potong linggi haluan dan titik potong linggi buritan dengan garis air muatan penuh, serta diukur pada bagian linggi tersebut.

· FP (Forward Perpendicular)

Adalah garis tegak haluan yang letaknya pada perpotongan antara linggi haluan dengan garis air muatan penuh.

· AP (After Perpendicular)

Adalah garis tegak buritan yang letaknya pada perpotongan antara sumbu poros kemudi dengan garis air muatan penuh.

· B (Breadth)

Adalah lebar kapal yang merupakan jarak mendatar dari gading tengah diukur pada tengah kapal (Midship) pada garis air muatan penuh (tidak termasuk pelat lambung).

· H (Height) atau D (Depth)

Adalah tinggi kapal yang diukur dari garis base line sampai garis geladak yang terendah dan diukur pada tengah kapal (Midship).

· T (Draught/Sarat) atau d (draft)

Adalah tinggi kapal yang diukur dari baseline sampai garis air muatan penuh dan diukur pada tengah kapal (Midship)

· CB (Coefficient Block)

Adalah perbandingan antara volume badan kapal yang tercelup air (volume displasemen/Carena dengan volume kotak dari hasil kali Lwl, B, dan T atau ditulis dengan rumus :

CB =

· CM (Coefficient Midship)

Adalah perbandingan antara luas bidang Midship yang tercelup air dengan luas segi empat dari hasil kali B dan T atau ditulis dengan rumus :

CM =

· CW (Coefficient Waterline)

Adalah perbandingan antara luas bidang garis air pada sarat maksimal dengan luas segi empat dari hasil kali Lwl dan B atau ditulis dengan rumus :

CW =

· CP (Coefficient Prismatic)

Adalah perbandingan antara Koefisien Blok (CB) dengan Koefisien Waterline (CW) atau Koefisien Blok dengan Koefisien Midship (CM). Koefisien Prismatik ada 2, yaitu :

1. Koefisien prismatik memanjang

Adalah perbandingan antara volume carena atau volume displasemen dengan volume prismatik dari hasil kali Am dan Lwl atau ditulis dengan rumus :

Cpm =

2. Koefisien prismatik tegak

Adalah perbandingan antara volume carena atau volume displasemen dengan volume prismatik dari hasil kali Aw dan T atau ditulis dengan rumus :

Cpt =

· ΦF (Floutation/Titik Apung)

Adalah titik pusat atau berat dari luas bidang garis air, sebagai titik putar bidang garis air.

· ΦB (Bouyancy/titik Benam)

Adalah titik pusat atau berat dari volume badan kapal yang tercelup air.

Kegunaan Gambar Rencana Garis/Lines Plan :

1. Untuk mengetahui bentuk dari badan kapal yang akan kita buat, sudah baik apa belum (stream Line) dan memiliki karakteristik yang baik.

2. Untuk digunakan sebagai pedoman / petunjuk dasar dalam pembuatan gambar-gambar selanjutnya seperti : Gambar Rencana Umum, Gambar Melintang, Gambar Hidrostatik dan Bonjean, dll.

3. Digunakan dalam pembuatan Docking Plan, dalam menentukan keel block pada saat kapal akan melakukan reparasi galangan.

Pengikut